Makanan Yang Menyebabkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi merupakan pembunuh nomor satu yang ada di Indonesia. Penyakit ini pun sekarang bisa menyerang siapa saja tak perduli tua maupun usia muda, banyak saya temui di sekitar saya yang kisaran umurnya masih di usia 40-an tetapi sudah mengalami hipertensi, tekanan darahnya pun tak main-main bisa mencapai 200/120, terlalu berbahaya jika hal itu dibiarkan berlanjut.

Makanan Penyebab Darah Tinggi

Mengenal diri sendiri dengan berbagai kekurangan dan kelemahan, merupakan salah satu usaha mawas diri yang harus kita lakukan termasuk mengerti makan dan minuman apa saja yang menyebabkan kita mengalami hipertensi.

Berikut akan kami paparkan beberapa makanan dan minuman yang menyebabkan kita mengalami hipertensi :

1. Garam

Baca juga:  Sarapan Mencegah Kegemukan

Makanan yang mengandung sodium yang tinggi bisa meningkatkan kadar tekanan darah yang ada di dalam tubuh, ketika kita memilih makanan kemasan pun kita harus benar-benar selektif. Pilihlah makanan dengan kandungan sodium kurang lebih 5 persen. Jangan sampai memilih makanan yang mempunyai sodium 20 persen atau lebih.

2. Kecap Asin

Batasi juga penggunaan kecap asin karena kecap asin yang kita buat sebagai bahan makanan yang ada di dapur mengandung kadar sodium yang tinggi pula. Memasak makanan sendiri di rumah jauh lebih baik karena kita bisa mengukur kadar sodium yang ada dalam makanan kita sendiri.

3. Kafein

Walaupun pengaruh kafein masih diperdebatkan, namun kemungkinan zat ini meningkatkan tekanan darah, hal ini pun masih jadi perdebatan. Ada beberapa orang yang memiliki sensitivitas terhadap kafein ada juga yang tidak mengalami sensitivitas terhadap kafein.

Baca juga:  Deteksi Awal Penyakit Dengan Medical Check-Up (MCU)

Cara mengeceknya adalah, kita minum kopi atau minuman berkafein lain. Jika tekanan darah anak anda naik hingga 10 poin, maka kemungkinan anda memiliki sensitivitas terhadap kafein, jika setelah meminum kopi anda tidak mengalami kenaikan tekanan darah maka anda tidak termasuk anak yang mengalami sensitivitas terhadap kafein.

4. Minuman keras

Meminum minuman keras dalam jumlah yang sedikit dapat meningkatkan tekanan darah, namun jika meminum minuman keras dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan tekanan darah kita naik, selain itu meminum minuman keras juga dapat melemahkan obat anti hipertensi sehingga bisa menyebabkan anda, yang memiliki hipertensi akan semakin kuat hipertensinya.

Ketika kita sudah memiliki gejala hipertensi sebaiknya kita memiliki alat pendeteksi tekanan darah, dengan demikian kita bisa memonitor tekanan darah kita secara teratur. Dan lakukan kunjungan ke dokter secara berkala, dan mulailah hidup sehat dan jauhi hal-hal diatas yang mungkin bisa menyebabkan hipertensi.

Baca juga:  Makanan Ini Dapat Cegah Kanker

Olahraga teratur dan mulai mengkonsumsi makanan yang sehat, sayur dan buah diperbanyak. Sehingga tubuh kita akan menjadi tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit temasuk hipertensi. Semoga bermanfaat.

 

Makanan Yang Menyebabkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *