Penyebab Kesemutan Dan Solusinya

Kadang setelah kita duduk bersila terlalu lama, kaki akan terasa berat ketika hendak berdiri.Atau ketika kita sehabis bangun tidur, tiba-tiba tangan kita terasa kram dan sulit digerakkan. Apa yang terjadi dengan hal itu? Kondisi ini dinamakan kesemutan (gringgingen=bhs Jawa) atau istilah medisnya dinamakan Parestesia.

Penyebab Kesemutan

Penyebab Kesemutan

Bagaimana hal itu bisa terjadi pada kita? Berikut akan kami paparkan berbagai hal yang menyebabkan terjadinya kesemutan pada diri kita.

1. Anggota Tubuh Mengalami Tekanan Dalam Waktu Yang Lama

Pada dasarnya ketika kita duduk bersila atau pun tidur, kaki dan tangan kita terhalang oleh anggota tubuh yang lain sehingga menyebabkan aliran darah yang mengalir untuk pasokan ke tangan dan kaki kita menjadi kurang. Sehingga tangan dan kaki akan merasa kesemutan.

Baca juga:  Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

Solusi : anda cukup menggerak-gerakkan kaki dan tangan anda meluruskan kembali kaki dan tangan anda supaya aliran darah yang menuju kaki dan tangan anda kembali lancar. Jangan khawatir ini hanya bersifat sementara dan bisa segera sembuh dengan sendirinya.

2. Dehidrasi

Ketika kita kekurangan akan cairan (air) karena hampir 90 persen sisi dari tubuh kita adalah air, maka ketika kita mengalami dehidrasi tak dapat dipungkiri hal tersebut juga menyebabkan kita mengalami dehidrasi.

Solusi : Minum air yang cukup usahakan setiap harinya kita meminum lebih dari 8 gelas, supaya asupan air dalam tubuh kita cukup.

3. Penyakit Raynaud

Kita jarang mendengar tentang penyakit ini, tetapi secara medis saya akan menjelaskan bahwa penyakit ini sejenis penyakit yang bisa mempengaruhi asupan darah ke daerah tertentu pada tubuh misalnya kaki dan tangan. Penyakit ini menyerang si penderita yang mengalami gelisah, stress yang berkepanjangan dan berada di tempat yang dingin (ber AC).

Baca juga:  Tips Mengatasi Obesitas (Kegemukan)

Solusi : usahakan jauhkan pikiran yang buruk terhadap anda berpikirlah positif terhadap segala sesuatu, jadikan perkara yang besar menjadi kecil, perkara yang kecil menjadi hilang, ketika anda sudah didiagnosa dokter memiliki penyakit itu maka maka jauhilah dengan ruangan yang ber AC.

Penyakit kesemutan pun juga bisa menjadi akut ketika bagian organ dalam tubuh kita seperti, ginjal jantung, paru-paru. Tidak berfungsi seperti biasanya maka yang terjadi adalah kesemutan yang berkepanjangan kaki dan tangan sulit digerakkan dalam waktu yang lama.

Maka mari mumpung kita masih diberi kesehatan kita mulai dengan pola hidup sehat, olahraga yang teratur, jauhi hal-hal yang bisa merusak tubuh kita seperti rokok, narkoba, minuman kers dan lain-lain, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Makanan Yang Menyebabkan Darah Tinggi (Hipertensi)

 

Penyebab Kesemutan Dan Solusinya

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *