Manfaat Tanaman Ekor Kucing yang Mujarab

Tanaman ekor kucing berdiri dengan tegak karena memiliki batang bulat, percabangan simpul dan permukaan kasar, bunganya coklat kehijauan. Tanaman ini mempunyai daun tunggal dengan tangkai panjang yang agak berseling, daunnya lonjong dengan pangkal yang tumpul dan ujung runcing sedangkan bagian tepi bergerigi.

Tanaman Ekor Kucing

Manfaat Tanaman Ekor Kucing

Tanaman ekor kucing mempunyai nama yang cukup banyak di jawa. Banyak masyarakat menyebutnya buntut kucing, ada juga yang menamakan ekor kera, ada juga tanaman tali anjing di Sunda, ada juga wunga tambang lancuran, ikut lutung di Bali, lofoti di Maluku. Tanaman ini rasanya manis serta menyejukkan ketika diminum.

Berikut beberapa manfaat dari tanaman Ekor Kucing untuk pengobatan alami (herbal).

1. Vitiligo

Untuk mengobati Vitiligo, ambil segenggam daun segar ekor kucing dan ½ ibu jari kencur, cuci hingga bersih lalu dihaluskan, usapkan pada bagian yang memiliki bercak putih lalu balut dengan kain bersih/perban. lakukan cara pengobatan ini secara berkala.

Baca juga:  Manfaat Minum Kopi Asli Tanpa Campuran

2. Luka berdarah

Manfaat yang kedua untuk mengobati luka berdarah, ambil segenggam bunga ekor kucing kemudian cuci hingga bersih, tumbuk sampai halus lalu balurkan pada luka, lalu bungkus dengan kain bersih.

3. Mengobati disentri

Manfaat bunga ekor kucing yang ketiga untuk mengobati disentri. Ambil bunga ekor kucing 15-25 lembar kemudian rebus hingga mendidih, kemudian saring dan minum air rebusan bunga ekor kucing.

4. Mengobati radang usus

Manfaat bunga ekor kucing yang keempat untuk mengobati radang usus. ambil 25 gram bunga ekor kucing kemudian cuci hingga bersih. Rebus bunga tersebut sampai air mendidih. Kemudian air rebusan disaring dan diminum.

5. Mengobati cacingan

Baca juga:  Obati Batu Ginjal Dengan Air Kelapa Muda

Manfaat bunga ekor kucing yang kelima untuk mengobati cacingan. ambil sekitar 20 gram bunga ekor kucing , lalu rebus mengunakan air bersih sampai mendidih kemudian saring dan setelah dingin minum air rebusan ini.

6. Muntah berdarah

Manfaat bunga ekor kucing yang keenam untuk mengobati muntah berdarah. Cuci Bunga ekor kucing hingga bersih lalu kunyah mentah bunga ekor kucing dicampur dengan pinang putih, jika ada tambahkan kencur, jahe, daun pule yang masih muda, lakukan secara berkala.

7. Disentri

Manfaat bunga ekor kucing yang ketujuh untuk disentri, ambil 15-25 helai bunga ekor kucing lalu cuci hingga bersih lalu direbus dengan air secukupnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum.

Baca juga:  Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat

8. Radang usus

Manfaat bunga ekor kucing yang kedelapan untuk mengobati Radang Usus. Ambil sekitar 15-25 untai bunga ekor kucing lalu cuci hingga bersih dan rebus mengunakan air bersih lalu minum.

9. Cacingan

Manfaat bunga ekor kucing yang kesembilan untuk mengobati cacingan. Ambil sekitar 15-25 untai bunga ekor kucing. kemudian rebus dengan air secukupnya. Setelah dingin lalu diminum.

10. Kusta

Manfaat bunga ekor kucing yang kesepuluh untuk mengobati Kusta. Ambil daun ekor kucing secukupnya kemudian cuci hingga bersih, tambahkan sedikit kencur, tumbuk sampai halus, lalu balurkan pada tubuh yang mengalami luka.

Demikian beberapa manfaat dari tanaman Ekor Kucing untuk kesehatan kita. Semoga kita lebih bisa memahami dan menggunakan tanaman bunga ini dengan baik.

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *