Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Menjadi seorang ibu memang bukanlah hal yang mudah, perlu perjuangan yang luar biasa, mulai dari proses kehamilan di bulan-bulan awal biasanya ibu akan menderita teler yang luar biasa mulai dari muntah-muntah yang setiap hari, mencium bau apa saja langsung muntah.

kaki bengkak

Tubuh lemas lunglai karena kurangnya asupan cairan kemudian di bulan-bulan berikutnya ketika kondisi perut sudah agak membesar ibu akan kesulitan dalam berjalan karena memikul 2 nyawa, belum lagi ditambah tubuh yang semakin cepat lelah, selain itu juga timbul bengkak-bengkak pada kaki.

Kaki Bengkak Saat Hamil

Bengkak pada kaki seorang ibu sesungguhnya adalah suatu hal yang lumrah dan hal yang biasa terjadi pada seorang ibu karena pada kondisi itu cairan yang ada dalam perut ibu mulai tertekan dengan bayi yang ada dalam kandungan, cairan yang ada dalam perut ibu pun akan mengalami gravitasi atau mendapat tarikan dari inti bumi.

Baca juga:  Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Ibu Hamil

Bengkak yang terjadi pada ibu hamil dapat diminimalisir dengan berbagai cara. Berikut akan kami paparkan hal-hal yang dapat mengurangi bengkak yang terjadi pada ibu hamil.

1. Asupan Yang Seimbang

Mengkonsumsi makanan yang seimbang terhadap ibu hamil merupakan syarat mutlak yang diperlukan guna memberi asupan kekuatan pada ibu sendiri dan juga bayi yang ada dalam kandungan. Tetapi harus diingat dan dicatat betul-betul bahwa mengkonsumsi makanan juga tidak dianjurkan secara berlebih karena konsumsi karbohidrat, protein dan zat lain juga harus seimbang, jika konsumsi dalam kadar yang tidak berimbang maka efek yang akan muncul adalah terjadinya pembengkakan yang luar biasa di kaki ibu. Usahakan agar berat badan ketika hamil boleh naik tetapi jangan terlalu drastis.

Baca juga:  Ciri-ciri Bayi Lahir Sehat

2. Garam

Banyak mitos yang mengatakan bahwa mengkonsumsi garam ketika hamil dapat menyebabkan bengkak pada kaki ibu hamil bertambah besar. Itu hanyalah mitos. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, mengkonsumsi garam tidak akan berpengaruh terhadap bengkak dan tidaknya kaki seorang ibu.

3. Istirahat Yang Cukup

Ketika seorang ibu dalam kondisi hamil sebaiknya mengurangi aktivitas yang terlalu berat di waktu hamil muda, hal itu dapat menyebabkan keguguran karena posisi janin masih belum terlalu kuat untuk dipaksa bekerja secara terus menerus. Selain itu ketika dalam posisi tidur usahakan kaki posisinya ditaruh diatas supaya cairan yang ada di perut ibu tidak berkumpul menjadi satu di kaki. Dan jangan sekali-kali duduk bersila terlalu lama karena menyebabkan darah akan berhenti.

Baca juga:  Beberapa Penyebab Terjadi Alergi Pada Anak

4. Olahraga Ringan

Bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk berolahraga walaupun hanya dengan berjalan kaki karena dengan hal itu seluruh organ dalam, seorang ibu akan berfungsi dengan baik.

Info: Pengobatan Asma Pada Ibu Hamil

Menjadi seorang ibu dari beberapa anak memang menjadi dambaan setiap wanita, banyak diantara kita yang belum dikaruniai amanah untuk memiliki buah hati, maka dari itu sebaiknya seorang ibu benar-benar memperhatikan kondisi fisiknya supaya anak yang lahir dalam keadaan normal. Dan proses bersalin pun dapat dilalui dengan mudah.

 

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *