Makanan untuk kesuburan pria

Menurut beberapa pakar kesehatan, salah satu kesuburan pria dipengaruhi oleh faktor gizi makanan disamping faktor-faktor lainnya. Dengan demikian jika pria memiliki tubuh yang kekurangan zat gizi tertentu maka akan berpengaruh pada kesuburannya.

Makanan kesuburan pria

Salah satu upaya meningkatkan kesuburan optimal adalah dengan menjalankan pola makan dengan gizi seimbang yang sehat. Bagi calon ayah sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A, B, C, dan E, serta asam lemak esensial.

Makanan untuk kesuburan pria

Untuk kesuburan dianjurkan kaum pria mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan mineral penting yaitu seng dan selenium serta asam lemak esensial yang banyak terdapat dalam alpukat, daging, ikan dan asam lemak tak jenuh ganda (minyak kedelai dan jagung).

Baca juga:  Deteksi Awal Penyakit Dengan Medical Check-Up (MCU)

Makanan yang kaya akan seng: ikan, bawang bombay, tiram, daging, telur, biji labu, kacang-kacangan, polong-polongan, biji gandum, dan ragi.

Makanan yang kaya akan selenium: daging ayam, sapi,ikan salmon, kacang-kacangan, brokoli, beras merah, sayuran hijau, gandum, bawang putih, dan jeruk.

Seng dan vitamin C berperan penting pada kesuburan pria. Seng diperlukan untuk memproduksi sperma yang sehat dan hormon pria sedangkan vitamin C diperlukan untuk mencegah sperma bergerombol di dalam organ reproduksi wanita yang menyebabkan ketidaksuburan.

Makanan yang kaya akan vitamin C: stroberi, kiwi, jambu biji, jeruk, dan sebagainya. Selain zat gizi diatas, vitamin E yang terkandung didalam kacang-kacangan, minyak nabati, vitamin B yang dapat dijumpai dalam sayuran hijau dan padi-padian, serta vitamin A terdapat dalam kuning telur, susu dan wortel juga merupakan zat gizi yang diperlukan untuk kesuburan kaum pria.

Baca juga:  Sarapan Mencegah Kegemukan

Berikut beberapa makanan yang diyakini dapat meningkatkan kesuburan pria:

  • Buah segar.
  • Kandungan vitamin C pada buah kiwi, mangga, stroberi, atau grapefruit (sejenis jeruk) yang tinggi amat membantu mencegah sperma menggumpal, menjamin potensi dan meningkatkan kualitas sperma.
  • Kacang Brazil kaya akan selenium, kacang Brazil terkenal meningkatkan hormon testosteron serta kinerja testis serta bisa membantu meningkatkan jumlah sperma.
  • Bawang putih beberapa dosis sebenarnya dapat meningkatkan kesuburan pria.
  • Minyak ikan salmon, mackerel, dan sarden yang mengandung asam lemak esensial (EFA) membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sistem reproduksi dan meningkatkan pembentukan kualitas sperma.
  • Cabe sangat bisa meningkatkan keampuhan produksi dan kualitas sperma karena mempercepat aliran darah ke daerah reproduksi.
Baca juga:  Bahaya Minum Sisa Air Dalam Kemasan

Vitamin A, C, E, mineral seng, dan selenium merupakan antioksidan yang kadarnya dapat menurun di dalam tubuh pada kondisi tertentu seperti : terpapar polusi, stress, merokok dan minum alkohol. Zat antioksidan tersebut diatas selain berpengaruh pada kesuburan juga melindungi sel-sel di dalam tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Makanan untuk kesuburan pria – Lentera Sehat

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *