7 Manfaat Cuka Untuk Kesehatan

Cuka merupakan zat asam dan hasil fermentasi dari makanan yang mengandung gula. Melihat dari bumbu utama pembuatan cuka maka anda pasti mengenal cuka apel, cuka anggur dan cuka jenis lainya. Cuka sudah dikenal sebagai bumbu penyedap makanan contohnya dalam bakso, asinan, pempek dan lainnya.

cuka untuk kesehatan

Cuka juga di dunia medis, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. untuk itu berikut saya akan sebutkan satu per satu manfaatnya.

Manfaat Cuka Untuk Kesehatan

1. Mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh

Tambahkanlah cuka di semua jenis makanan terutama yang mengandung kalsium seperti Ikan, sup berkuah dan lainnya. Dengan begitu maka kalsium yang terdapat dalam makanan tadi bisa mudah terserap kalsiumnya oleh tubuh kita.

Baca juga:  Sumber Makanan Untuk Bantu Atasi Gangguan Haid

2. Mengontrol kadar gula dalam darah

Tingginya kadar gula dalam darah seperti pada orang penderita diabetes bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kelumpuhan dan kebutaan. Cuka baik sekali dikonsumsi oleh kita agar kadar gula dalam darah tetap normal.

3. Mencegah terjadinya kerapuhan tulang gigi

Kerapuhan tulang gigi sering terjadi bagi pengguna rokok karena Nikotin yang ada pada rokok bisa menempel di gigi dan itu menyebabkan kerapuhan gigi. Agar bisa mencegah terjadinya kerapuhan gigi. Anda tinggal berkumur dengan air yang ditambahkan cuka hingga beberapa menit.

4. Mengontrol berat badan

Pada cuka mengandung enzim dan zat asam organik yang dapat menurunkan nafsu makan. Ini cocok sekali untuk anda yang sedang diet. Kandungan enzim dan bakteri pada cuka alami dapat meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh sehingga bisa mempercepat proses pencernaan makanan yang tadi Anda makan. Anda juga bisa menambahkan cuka dalam salad. Kandungan kalori pada cuka mampu memberikan Anda energi pada tanpa membuat tubuh menjadi gemuk.

Baca juga:  Khasiat Terapi Air Putih

5. Cuka dapat membersihkan residu pestisida dan racun lainnya.

Sayuran dan buah-buahan yang Anda beli biasanya masih mengandung sisa-sisa pestisida atau zat kimia lainnya. Pestisida digunakan untuk membasmi hama pada tanaman sayuran dan buah-buahan. Sisa residu pestisida sangat berbahaya bagi kesehatan. Anda dapat mencuci buah-buahan atau sayuran dengan air cuka sebelum Anda konsumsi.

6. Mengobati luka pada kulit

Untuk anda yang mempunyai luka bisa menggunakan cuka untuk mengobatinya. Cuka sangat efektif menghilangkan luka pada kulit dengan cara mengoleskan cuka pada kulit yang sakit.

7. Meningkatkan kesehatan rambut

Cuka dapat mengatasi masalah pada rambut seperti kerontokan rambut dan ketombe dengan cara memberikan keseimbangan pH pada kulit kepala. Dengan menggunakan cuka sebagai kondisioner yang alami, maka akan meningkatkan kesehatan kulit kepala dan dapat membuat rambut lebih cool.

Baca juga:  Ramuan Obat Alami Untuk Atasi Hipertensi

Bagi Anda yang beragama Islam, pernah diriwayatkan dalam hadist bahwa Nabi Muhammad SAW jika tidak ada lauk sang nabi hanya makan cuka sebagai lauknya dan kanjeng Nabi Muhammad SAW bersabda menyatakan bahwa cuka adalah makanan yang baik.

Semoga bisa bermanfaat.

 

7 Manfaat Cuka Untuk Kesehatan

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *