Tips Praktis Perawatan Kuku

Setiap orang, terutama kaum perempuan, pastinya mendambakan kuku yang cantik dan indah. Untuk mendapatkannya, sebenarnya bukanlah sulit, asalkan mau melakukan perawatan kuku dengan baik.

Perawatan Kuku

Tips Praktis Perawatan Kuku

Dalam merawat kuku, Anda tidak selalu harus mengeluarkan biaya mahal untuk pergi ke salon dan melakukan manicure. Yang dibutuhkan adalah ketelatenan. Anda bisa melakukan perawatan secara alami dan tradisional untuk kuku Anda.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan kuku yang cantik :

Anda bisa melakukan perawatan kuku dengan jeruk nipis. Anda cukup menggosokkan jeruk ke permukaan kuku selama beberapa menit. Dengan cara ini, maka Anda akan mendapatkan kuku yang indah dan cemerlang.

Sedangkan untuk menguatkan kuku, dan mengeluarkan kotoran di sela-selanya, maka Anda cukup melakukan perawatan kuku dengan belimbing wuluh. Caranya, gosokkan belimbing ke permukaan kuku dan kulit disekitarnya. Selanjutnya, bersihkan dengan air hangat supaya kotoran yang menempel bisa terangkat.

Baca juga:  Makanan Yang Menyebabkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Sebelum melakukan pekerjaan kotor, seperti membersihkan debu atau berkebun, terlebih dahulu tancapkan kuku ke sabun batang. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran melekat di kuku dan lebih mudah dibersihkan. Tidak ada salahnya Anda mengenakan sarung tangan, dengan memberikan hand body atau pelembab sebelum mengenakannya.

Nah, jika Anda ingin menghilangkan aroma yang kurang sedap dari kuku Anda, maka Anda tinggal melakukan perawatan kuku dengan mencampurkan parutan kunyit dengan minyak kelapa. Kemudian, teteskan pada tempat yang diinginkan. Selanjutnya, lap dengan handuk hangat.

Bila Anda bermasalah dengan kuku yang rapuh, maka perawatan kuku dengan menggunakan bawang. Gosokkan bawang pada kuku Anda sesering mungkin. Setelah itu, bersihkan kuku dengan handuk hangat.  Anda juga bisa memakai alternative lain dengan mengoleskan minyak zaitun pada kuku, kapan pun Anda sempat. Jangan lupa, masukkan kandungan kalsium dan vitamin A dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Baca juga:  Bahaya Minum Sisa Air Dalam Kemasan

Sedangkan agar kuku tidak mudah pecah dan menjadi lembab, gunakan getah papaya untuk perawatan kuku Anda. Caranya, Anda cukup menempelkan getah pepaya pada kuku Anda, untuk kemudian membersihkannya dengan handuk hangat.  Ada baiknya Anda membiarkan kuku-kuku Anda bebas dari cat kuku untuk membuatnya ‘bernafas.’ Letakan hand body atau krem kulit di dekat dapur, dan kenakan setelah mencuci tangan atau piring.

Oh ya, hindari berlama-lama di terik matahari atau terlalu lama berenang, karena bisa membuat kuku Anda menjadi kering. Gunakan selalu pelembab untuk mempertahankan kuku dan kutikula. Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan peralatan manicure di tempat tertutup untuk melindunginya dari kuman yang dapat menyebabkan infeksi.

Baca juga:  Penyebab Rambut Rontok dan Solusinya

Hal yang perlu Anda hindari dalam perawatan kuku :

  1. Jangan gunakan kuku untuk melakukan pekerjaan yang hanya bisa dilakukan gunting, seperti misalnya mencabut straples.
  2. Jangan potong kuku jika sudah pendek.
  3. Jangan memotong kutikula dengan gunting.
  4. Jangan mencuci pakaian atau peralatan dengan air panas.
  5. Jangan mengigiti kuku.
  6. Jangan bersihkan kuku dengan benda tajam
  7. gunakan sikat kuku untuk membersikannya.
  8. Jangan gunakan tangan Anda untuk bersentuhan dengan detergen terlalu lama.
  9. Jangan menghilangkan cat kuku dengan benda tajam, sebaiknya gunakan cairan penghapus cat kuku.

#Perawatan

 

Tips Praktis Perawatan Kuku

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *