Kiat Tetap Sehat Selama Ramadan di Masa Pandemi Dari Dedi Yudianto

Bagi umat muslim, Ramadan di tahun 2020 terasa sangat sulit dan berbeda, terlebih ditengah pandemi Covid-19 yang mengancam dan telah menyerang ribuan jiwa dari berbagai Negara tidak terkecuali Indonesia.

Ramadan 2020

Memang, sebelumnya WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia telah menyarankan agar otoritas Negara mempertimbangkan untuk tidak mengadakan pertemuan sosial termasuk acara keagamaan demi mencegah infeksi Covid-19.

Setelah pemerintah Indonesia melakukan perundingan yang cukup alot akhirnya diputuskan pembatasan aktifitas yang telah dilakukan lebih dari tiga minggu hingga pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Akibat wabah yang berasal dari Wuhan Tiongkok ini pun berimbas pada siklus kehidupan manusia yang mau tidak mau ‘dipaksa’ untuk memiliki pola pikir kreatif dan melek digital lantaran pemerintah menerapkan social distancing hingga work from home yang membuat segala aktifitas berubah menjadi online.

Bekerja secara online, sekolah secara online, ibadah secara online, olahraga secara online, pengajian secara online hingga belanja sayur telah dilakukan secara online untuk meminimalisir kontak fisik  dengan orang lain.

Baca juga:  Hubungan Puasa Dengan Masalah Kesehatan

Selain online, alternatif pilihan virtual juga dapat dilakukan untuk menambah informasi terkait pandemi hingga serba serbi Ramadan dengan menggunakan berbagai media seperti radio, televisi, atau pun perangkat media sosial.

Meski pada kenyataannya masih saja beberapa surau dan masjid menyelenggarakan kegiatan ibadah seperti shalat tarawih, mengaji Al-Quran, ceramah keagamaan tetap harus menerapkan langkah-langkah preventif demi mengurangi risiko penularan Covid-19, misalnya dengan menjaga jarak fisik minimal satu meter atau tiga kaki dengan orang lain dan menerapkan kebersihan serta kesehatan diri dengan cara rajin cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik.

Bagi sebagian orang, berpuasa Ramadan yang esensinya menahan lapar, haus serta hawa nafsu sudah cukup menyulitkan apalagi sekarang ditambah harus berjibaku dengan virus yang menyerang bagian pernapasan manusia ini.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berpuasa dapat meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19, namun tetap dengan catatan berpuasalah jika dirasa tubuh dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Sedangkan bagi pasien yang sudah positif Covid- 19 dapat mempertimbangkan untuk tidak berpuasa dan tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.

Baca juga:  Stres Dapat Meningkatkan Berat Badan

Sudah banyak penelitian mengungkap bahwa dengan berpuasa tubuh akan menjadi lebih sehat karena dengan berpuasa tubuh akan melakukan pembatasan makan sehingga membuat tubuh melakukan penghancuran lemak di dalam tubuh.

Kiat Tetap Sehat selama Ramadan Dari Dedi Yudianto

Berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat diterapkan agar tubuh tetap sehat selama bulan Ramadan dimasa pandemi seperti sekarang dari Ir Dedi Yudianto MBA.

1. Rajin cuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun selama kurang lebih 20 detik merupakan cara paling sederhana namun efektif untuk menghilangkan virus corona ini. Pastikan seluruh bagian tangan tersabuni mulai dari sela-sela jari, punggung tangan juga bawah kuku yang sering kelupaan.

2. Menjaga jarak minimal 1 meter

Menjaga jarak fisik minimal 1 meter atau 3 kaki dengan orang-orang di sekitar, jika harus  bersalaman gunakan simbol seperti melambaikan tangan, meletakkan tangan di dada kiri atau mengatupkan tangan di tengah dada. Dan jangan lupa gunakan masker selama di luar rumah.

Baca juga:  Ketakutan Yang Berlebihan Terhadap Penyakit Difteri

3. Berbuka puasa dengan makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat dipercaya mampu menahan rasa lapar saat berpuasa, karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang mengandung serat.

4. Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak dapat ditemukan pada gorengan. Gorengan sebaiknya dihindari sebagai menu buka puasa karena gorengan lebih lama dicerna dan perut tidak cepat merasa kenyang akibatnya anda akan terus melahap gorengan hingga beberapa buah. Perlu diketahui mengkonsumsi gorengan terlalu banyak dapat merangsang asam lambung naik.

Demikianlah beberapa kiat tetap sehat selama masa pandemi di bulan Ramadan dari Dedi Yudianto, semoga kita tetap sehat dan mampu melewati wabah ini dengan baik, karena inilah saatnya kita  semakin kompak bersama keluarga.

Info menarik lainnya: Cara Cepat Hasilkan Uang dari Marketplace Versi Dedi Yudianto

 

Kiat Tetap Sehat selama Ramadan Dari Ir Dedi Yudianto MBA

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *