Manfaat Puasa Terhadap Kesehatan Manusia

Puasa yang semua kita telah tahu hanya sebagai rutinitas tahunan, yang kita lakukan hanya pada waktu Ramadhan saja, ternyata memiliki efek dahsyat yang lain. Menurut beberapa penelitian ada berbagai macam efek dahsyat puasa terhadap kesehatan manusia.

Manfaat Puasa Terhadap Kesehatan

Manfaat Puasa Terhadap Kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa efek dahsyat puasa terhadap kesehatan manusia yang bisa dipelajari :

1. Menurunkan Berat Badan

Tak dapat dipungkiri dengan berpuasa secara rutin, maka secara otomatis dapat membantu menurunkan berat badan manusia, penurunan berat badan manusia mempunyai efek positif bagi kehidupan itu sendiri. Dengan banyak berpuas kita akan terhindar dari obesitas, obesitas dapat mengundang berbagai penyakit diantaranya hipertensi, jantung paru-paru dan lain-lain.

Baca juga:  Manfaat Tidur Miring Ke Kanan

2. Mengistirahatkan Sistem Tubuh

Sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia perlu untuk beristirahat, dengan berpuasa secara tidak langsung mengistirahatkan sistem pencernaan. Dengan beristirahatnya sistem pencernaan maka yang terjadi adalah sistem pencernaan kita akan menjadi lebih awet karena sudah diistirahatkan selam beberapa jam selama satu hari.

3. Menurunkan Hipertensi

Puasa juga merupakan salah satu metode yang efektif dalam hal menurunkan tekanan darah tinggi, suasana yang spiritual yang terjadi ketika selama berpuasa. Suasana spiritual tersebut membuat adrenalin yang ada pada manusia semakin menurun, dan menjadikan kehidupan mereka menjadi lebih harmonis.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Puasa dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, kondisi puasa yang tenang dan kehidupan yang menjadi lambat, ternyata justru mampu membuat pikiran menjadi lebih tajam.

Baca juga:  Hubungan Susah BAB dan Nyeri Kepala

5. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Dengan melakukan puasa kita juga mengurangi konsumsi air yang ada dalam tubuh kita, dengan pengurangan konsumsi air dalam tubuh ikut serta dalam meminimalkan volume air dalam darah sehingga mengurangi beban kerja ginjal sebagai penyaring berbagai racun yang ada dalam tubuh manusia.

6. Meningkatkan Kekebalan Terhadap Racun

Secara tidak langsung jika kita melakukan puasa yang terjadi adalah kita selam satu hari tidak mengkonsumsi makanan dal;am kondisi seperti itulah kita yang terbiasa dengan memakan makanan olahan pabrik, yang didalamnya terdapat banyak zat racun. Dengan berpuasa kita akan terhindar dari hal-hal tersebut, selain itu ketika kita melakukan puasa zat-zat beracun akan hancur bersama dihancurkannya lemak dalam tubuh manusia.

Baca juga:  Bahaya Minum Sisa Air Dalam Kemasan

7. Membantu Mengatasi Masalah Kecanduan

Dengan melakukan puasa kita akan terhindar dari berbagai hal yang menjadi candu, seperti halnya rokok alkohol, kafein karena kita hanya bisa menikmatinya dalam waktu tertentu, bukan setiap jam kita bisa menikmatinya.

Sebenarnya masih banyak lagi khasiat-khasiat yang akan timbul jika kita melakukan puasa secara rutin, karena banyak khasiat dan manfaatnya itulah maka berbagi agama maupun kepercayaan meyakini bahwa puasa merupakan salah satu cara mereka untuk mensucikan diri mereka atau dalam artian puasa dijadikan sebagai rutinitas keagamaan.

 

Manfaat Puasa Terhadap Kesehatan Manusia

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *