Makanan Ini Dapat Cegah Kanker

Penyakit kanker masih menjadi salah satu penyebab utama kematian. Kanker juga dinamakan tumor ganas karena sebagian besar penyakit kanker membentuk tumor. Gejala kanker pada setiap penderita berbeda-beda. Dibutuhkan pemeriksaan secara intensif sejak di diagnosa.

makanan cegah kanker

Setelah terdiagnosa, pengobatan penyakit kanker harus melalui tiga tahap yaitu operasi, kemoterapi dan radiasi. Bisa dibayangkan betapa penderita kanker harus berjuang secara maksimal untuk kesembuhan dan kelangsungan hidupnya.

Setiap orang bisa terkena penyakit kanker tanpa pandang usia, gender dan status. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa kanker merupakan penyakit genetik atau bawaan dari keluarga yang lebih dulu mengidapnya.

Padahal berdasarkan penelitian dan riwayat hidup penderita kanker, penyebab utamanya adalah asupan makanan yang tidak sehat, kurang berolahraga dan kebiasaan merokok dan minuman keras.

Baca juga:  Tips Mengatasi Obesitas (Kegemukan)

Makanan Yang Dapat Cegah Kanker

Cegah kanker dengan makanan berikut ini :

Brokoli dan Kembang Kol

Menurut ahli gizi, brokoli mempunyai zat sulforaphane yang dapat menginduksi enzim yang berguna melumpuhkan zat karsinogen dan penangkal radikal bebas sehingga beberapa tipe kanker dapat di cegah. Kedua sayuran ini juga mempunyai sejenis komponen kimia yaitu indocole 3 carbinol atau di singkat I3C yang berfungsi melawan pencetus kanker.

Bawang Putih

Bumbu dapur satu di percaya untuk memerangi penyakit kanker. Bawang putih mengandung zat allyl sulfur yang berfungsi mencegah terjadinya pembentukan zat nitrosamen dan karsinogen yang merupakan pemicu kanker. Gizi yang terkandung di dalam bawang putih seperti kalsium, zat besi, vitamin A, B dan C berfungsi sebagai penghambat dan pembunuh sel kanker yang tumbuh dan antioksidan untuk mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh.

Baca juga:  Pengaruh Rokok Terhadap Gigi Dan Jaringan Mulut

Kedelai

Zat-zat yang terkandung dalam kacang kedelai memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker terutama pada kanker yang menyerang payudara dan prostat. Mengkonsumsi olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe sesering mungkin sangat disarankan agar terhindar dari beberapa jenis penyakit kanker.

Tomat

Fungsinya sebagai antioksidan karena kaya akan vitamin C yang mengandung zat lycocepene. Zat tersebut dapat membunuh sel-sel kanker yang biasa menyerang mulut, payudara, pankreas dan prostat.

Buah-Buahan

Semua jenis buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi buah-buahan yang berfungsi sebagai antioksidan seperti pepaya, alpukat, jeruk Bali, anggur merah, dan strawberry. Kelima jenis buah tersebut mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh sehingga bisa menghalau dan menghambat terjadinya sel-sel kanker.

Baca juga:  Gagal Ginjal Di Usia Muda

Selain jenis-jenis makanan di atas, meminum teh pun sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Zat polyphenol yang terkandung di dalam teh berfungsi sebagai pencegah sifat sel kanker yang membelah diri untuk berkembang biak. Cegah kanker dengan makanan-makanan di atas dan biasakan pola hidup sehat secara teratur !

 

Makanan Yang Dapat Cegah Kanker

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *