Apakah Berbahaya Disinfektan yang Disemprotkan ke Lingkungan dan Manusia?  Begini Penjelasannya

Pada saat pandemi ini sering kali kita lihat banyaknya metode desinfeksi seperti bilik disinfektan, penyemprotan disinfektan ke lingkungan, dan lainnya. Namun, apakah semua itu benar dilakukan? Begini penjelasan lebih lanjutnya.

bahaya Desinfektan yang Disemprotkan

Disinfektan yang Disemprotkan ke Lingkungan secara Bebas Bisa Merusak Ekosistem

Penggunaan disinfektan kepada lingkungan nyatanya dapat merusak ekosistem. Beberapa jenis disinfektan yang disemprotkan ke udara maupun ke tanah akan kembali mengalir ke tanah. Mereka akan terserap oleh tanah dan akhirnya membunuh mikroba lainnya.

Ya, disinfektan tidak hanya berkutat pada virus corona saja. Disinfektan dapat membunuh sebagian besar virus dan bakteri. Ingat, di lingkungan terdapat bakteri yang sangat bermanfaat untuk penguraian sampah.

Baca juga:  Percayakan Rekomendasi Jasa Penulis Artikel Kepada SahabatArtikel

Disinfektan yang Disemprotkan ke Manusia dapat Menimbulkan Masalah Kesehatan

Pada pertengahan pandemi kali ini, banyak orang yang mencoba menggunakan bilik disinfektan, penyemprotan pada manusia, dan lain sebagainya. Ya, disinfektan tersebut disemprotkan ke badan bahkan kulit secara langsung. Padahal disinfektan tertentu dapat merusak kulit bahkan organ pernafasan Anda.

Disinfektan yang tidak Efektif Membuat Beberapa Mikroba Bermutasi

Masih berkaitan pada disinfektan yang disemprotkan kepada lingkungan. Untuk mikroba yang terkena disinfektan tersebut kemungkinan besar mati. Namun, bagaimana nasib mikroba yang hanya terpapar oleh disinfektan tersebut?

Benar sekali! Mikroba baik itu bakteri maupun virus di alam akan mengalami mutasi. Mutasi dapat bersifat lebih baik namun juga bisa bersifat lebih buruk. Bakteri dan virus yang bermutasi tentu akan semakin menyulitkan pengobatan sebab mereka sudah kebal.

Baca juga:  Belanja Online Makin Aman di NOWME Live Commerce

Penggunaan Desinfektan Kepada Tumbuhan Bisa Diserap Lagi dan Berbahaya untuk Dimakan

Tak sedikit dari kita menyemprotkan disinfektan ke lingkungan tanpa memedulikan tumbuhan di sekitarnya. Beberapa disinfektan nyatanya dapat terserap kembali oleh tumbuhan yaitu benzalkonium klorida. Jika tanaman yang telah menyerap zat tersebut kemudian Anda makan, tentunya akan menyebabkan masalah kesehatan.

Disinfektan adalah cairan kimia yang digunakan untuk membunuh virus dan bakteri menggunakan senyawa khusus yang dapat membunuh virus dengan waktu yang sangat singkat. Sebaiknya gunakan jasa semprot disinfektan agar mendapatkan hasil maksimal.

Namun pastikan memilih jasa penyemprotan disinfektan dengan harga wajar yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas chemical disinfektan yang digunakan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Baca juga:  Ketahui Sebelum Tanya Asisten Virtual Telkomsel Veronika

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan disinfektan. Jangan asal memilih dan menggunakan disinfektan karena akibatnya sangat fatal. Hanya gunakan disinfektan pada benda mati dengan menggunakan lap dan dalam jumlah yang secukupnya.

 

Bahaya Disinfektan yang Disemprotkan ke Lingkungan dan Manusia

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *