Kanker Paru-Paru, Penyebab Serta Cara Pencegahannya

Kalau kita lihat di setiap bungkus rokok yang ada di Indonesia pasti akan tertulis, merokok dapat menyebabkan kanker serangan jantung dan seterusnya. Tulisan itu memang bukanlah sebuah isapan jempol semata namun tulisan itu merupakan sebuah fakta medis yang menyatakan betapa bahayanya merokok bagi tubuh kita. Salah satu yang tertulis adalah kanker.

Kanker Paru-Paru

Disadari atau tidak rokok memang menyebabkan kanker terutama kanker paru-paru. Apa dan bagaimana secara detil kanker bisa menyerang tubuh kita, mari ikuti penjelasannya berikut ini untuk Anda semua.

Pengertian Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi di negara kita dan sangat lazim terjadi pada bangsa kita.

Berdasarkan ilmu kedokteran kanker yang dimiliki oleh seseorang terbagi menjadi dua bagian yaitu kanker yang terjadi pada manusia sebab tertular orang lain atau yang disebut dengan kanker sekunder. Atau kanker yang berasal dari tubuh si penderita itu sendiri atau disebut kanker primer.

Baca juga:  Makanan Ini Dapat Cegah Kanker

Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Mengenai penyebab yang sering terjadi pada penyakit kanker paru-paru adalah sebagai berikut :

1. Perokok Aktif dan Perokok Pasif

Hampir 80-90 persen kegiatan merokok adalah merupakan salah satu penyebab utama penyakit ini bisa mengenai terhadap seseorang. Perokok aktif menempati urutan pertama berisiko kanker kemudian dilanjutkan dengan orang-orang yang terkena rokok secara pasif.

2. Polusi Udara

Menurut catatan WHO Asia Tenggara merupakan salah satu daerah yang memiliki polusi udara tertinggi di dunia. Polusi udara disebabkan karena asap pabrik maupun asap kendaraan bermotor.

3. Polusi di Tempat Kerja

Senyawa aktif seperti asbes, nikel, batu bara, silika dan arsenik merupakan senyawa yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan paru-paru. Bagi Anda yang bekerja pada senyawa-senyawa tersebut sangat dianjurkan memakai masker agar mengurangi kontaminasi dengan senyawa-senyawa tersebut.

Baca juga:  Penyebab dan Pencegahan Penyakit TBC

Pencegahan Terhadap Kanker Paru-Paru

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, begitu pun dengan kanker paru-paru ini. Berikut beberapa hal agar Anda tidak terserang mudah terserang dengan kanker paru-paru.

1. Jangan merokok dan hindari menjadi perokok pasif.

Cara utama untuk mencegah kanker paru-paru adalah dengan tidak merokok. Selain tidak merokok hal yang harus juga diperhatikan adalah menghindari juga menjadi perokok pasif jika lingkungan Anda dipenuhi dengan perokok aktif.

2. Pilihan menu makanan yang sehat.

Biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi akan kandungan serat. Buah dan sayur merupakan menu utama yang harus Anda konsumsi setiap harinya, agar kondisi tubuh tetap terjaga baik secara nutrisi maupun vitamin yang amat sangat dibutuhkan oleh tubuh

Baca juga:  Tanda Dan Gejala Penyakit Lupus

3. Berolahraga secara teratur.

Usahakan untuk melakukan olahraga secara teratur. Bagi yang belum sama sekali melakukan olahraga sebaiknya Anda memulai dengan dua atau tiga jam terlebih dahulu tetapi usahakanlah untuk tetap rutin melakukannya.

Demikian sekilas tentang Pengertian Kanker Paru-Paru, Penyebab Serta Cara Pencegahannya. semoga bermanfaat buat kita semua.

 

Kanker Paru-Paru, Penyebab Serta Cara Pencegahannya

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *