Asuransi Keterlambatan Penerbangan dan Manfaatnya

Dibandingkan kereta, pesawat bisa menjadi pilihan transportasi liburan yang cukup efisien karena bisa menghemat waktu perjalanan. Kendati demikian apa jadinya bila ternyata pesawat mengalami delay, bahkan sampai berjam-jam lamanya? Antisipasi dengan memiliki asuransi keterlambatan penerbangan.

Asuransi Keterlambatan Penerbangan

Pesawat delay sering terjadi. Oleh sebab itu, kamu perlu mempertimbangkan dengan benar saat memilih pesawat terbang sebagai pilihan moda transportasi.

Keterlambatan penerbangan ini terjadi karena beberapa faktor, misalnya saja karena gangguan cuaca, pemeriksaan untuk lepas landas, perubahan jadwal penerbangan mendadak, dan masalah operasional lainnya.

Waktu keterlambatan ini bahkan bisa mencapai 12 jam. Hal ini tentu kabar buruk karena seluruh rencana liburan jadi mundur. Kerugian lainnya adalah waktu dan uang kamu akan terbuang begitu saja.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memiliki asuransi keterlambatan penerbangan dari https://simasinsurtech.com/ saat akan berlibur atau melakukan perjalanan apapun menggunakan pesawat terbang. Apa manfaatnya? Yuk kenali lebih dalam tentang asuransi keterlambatan penerbangan.

Asuransi Keterlambatan Penerbangan, Apa Itu?

Flight delay insurance atau asuransi keterlambatan penerbangan merupakan salah satu produk asuransi perjalanan yang menggunakan pesawat.

Manfaat yang akan didapatkan pemegang polis di antaranya adalah kompensasi berupa uang tunai bila terjadi keterlambatan penerbangan pesawat.

Manfaat lainnya dari asuransi keterlambatan penerbangan adalah manfaat pertanggungan saat terjadi kecelakaan penerbangan.

Manfaat Asuransi Keterlambatan Penerbangan

Selain memberikan ganti rugi atas keterlambatan penerbangan dan manfaat pertanggungan bila terjadi kecelakaan penerbangan, ada manfaat asuransi keterlambatan penerbangan lainnya. Berikut ini manfaat-manfaat asuransi keterlambatan penerbangan.

1. Kompensasi biaya hotel yang hangus

Jika kamu terjebak dalam jadwal penerbangan yang delay beberapa jam, ini akan membuat seluruh rencana liburan terganggu termasuk hotel yang sudah dipesan dan dibayar.

Baca juga:  Link Download Game Minecraft Mod Apk

Jarang sekali bahkan tidak ada hotel yang memiliki kebijakan bisa refund bila kamu melakukan pembatalan mendadak.

Kebanyakan hotel memiliki kebijakan no refund saat kamu melakukan pembatalan mendadak sehingga biaya penginapan yang sudah dibayar lunas tersebut akan hangus begitu saja.

Dari segi finansial, tentu kamu akan merugi karena harus mengeluarkan uang lagi untuk menyewa hotel lainnya.

Sedangkan, bila menggunakan asuransi keterlambatan penerbangan maka kamu bisa mengajukan klaim untuk mengganti biaya hotel yang hangus tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memesan hotel lagi untuk mengganti hotel yang tidak bisa direfund.

2. Kompensasi digunakan sebagai biaya makan selama menunggu keterlambatan pesawat

Uang kompensasi yang kamu dapatkan juga bisa digunakan sebagai biaya makan dan minum saat menunggu pesawat delay di bandara.

Mengingat rata-rata harga makan dan minum yang dijual di bandara biasanya dipatok dengan harga yang cukup mahal dibandingkan harga di outline lain yang berada di luar bandara.

Dengan adanya uang kompensasi tersebut maka kamu tak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar untuk makan dan minum di bandara.

Syarat dan Cara Klaim Asuransi Keterlambatan Penerbangan

Adapun kebijakan asuransi keterlambatan penerbangan yang perlu diketahui di antaranya:

  • WNI yang berusia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • WNA diperbolehkan memiliki polis asuransi ini asalkan memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).
  • Bisa digunakan untuk penerbangan domestik maupun luar negeri.
  • Klaim asuransi bisa dilakukan hanya di kota asal dan kota tujuan akhir, berlaku juga untuk perjalanan pulang-pergi.
  • Produk asuransi dikhususkan untuk moda transportasi penerbangan komersial yang terdaftar.
  • Satu polis asuransi berlaku untuk satu orang.
  • Harga premi asuransi keterlambatan penerbangan Rp50 ribu dengan jaminan ganti rugi bila pesawat delay selama minimal dua jam sebesar Rp500 ribu.
  • Harga premi asuransi sebesar Rp75 ribu untuk manfaat proteksi lengkap seperti santunan risiko kematian akibat kecelakaan dan cacat karena kecelakan sebesar Rp25 juta.
Baca juga:  Ragam Aksi Kebudayaan dan Budaya Nusantara

Sementara itu, dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim asuransi sebagai berikut:

  • Formulir pengajuan klaim Flight Delay Protection.
  • Polis asuransi asli dan fotokopi.
  • Fotokopi identitas diri, paspor yang memiliki cap keberangkatan dan kedatangan dari negara tujuan.
  • Tiket penerbangan asli dan fotokopi.
  • Boarding pass asli dan fotokopi.
  • Surat keterangan keterlambatan penerbangan dari maskapai penerbangan.
  • Surat yang menyatakan kronologi kejadian delay pesawat.
  • Dokumen tambahan bila dibutuhkan.

Sedangkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim kecelakaan diri, meliputi:

  • Tagihan rumah sakit dan resep dokter asli.
  • Laporan medis asli lengkap untuk kecelakaan.
  • Pernyataan tertulis asli dari polisi setempat.
  • Fotokopi surat kematian pemegang polis.
  • Fotokopi KTP atau KITAS ahli waris.
  • Foto prosesi penguburan pemegang polis.
  • Laporan medis dari dokter.
  • Dokumen lain yang dibutuhkan.

Cara mengajukan klaim asuransi Flight Delay Protection yakni dengan menghubungi perusahaan asuransi.

Untuk produk asuransi keterlambatan penerbangan dari Simas Insurtech, kamu bisa menghubungi customer care di nomor 021 5050 7777 atau WhatsApp di nomor 08811090888.

Baca juga:  Manfaat Minum Kopi Asli Tanpa Campuran

Segera hubungi perusahaan asuransi untuk memberikan informasi terkait keterlambatan penerbangan selambat-lambatnya 3 x 24 jam.

Tips Pilih Asuransi Keterlambatan Penerbangan

Apakah kamu mulai tertarik untuk memiliki asuransi keterlambatan penerbangan saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang? Bila iya, ini tips untuk memilih asuransi keterlambatan pesawat terbang terbaik.

1. Lakukan riset perusahaan dan produk asuransi

Cari tahu beberapa perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi perjalanan menggunakan pesawat terbang ini. Bagaimana rekam jejak perusahaan asuransi tersebut dan bagaimana polis asuransinya.

Perusahaan yang menerbitkan asuransi keterlambatan penerbangan berkredibilitas tinggi dan sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat diantaranya Asuransi Simas Insurtech. Kamu bisa mencari tahu melalui website resminya.

2. Pilih produk asuransi yang bisa diakses secara online

Untuk mempersiapkan trip liburan, kamu mempersiapkan banyak hal. Agar tidak repot dan tidak memakan waktu, kamu bisa pilih produk asuransi yang memberikan kemudahan dengan membeli polis asuransi secara online dan kemudahan akses produk asuransi secara online. Misalnya saja pengajuan klaim asuransi secara online.

3. Pilih produk yang sesuai dengan budget

Besaran kompensasi yang akan kamu dapatkan dari asuransi keterlambatan penerbangan ini tergantung dari pilihan harga premi. Sebaiknya, pilih polis asuransi dengan harga premi yang sesuai dengan budget yang telah kamu persiapkan.

Setelah mengetahui apa itu asuransi keterlambatan penerbangan dan manfaat yang akan kamu dapatkan, apakah masih berpikir dua kali untuk memiliki polis asuransi keterlambatan penerbangan saat liburan?

 

Asuransi Keterlambatan Penerbangan dan Manfaatnya

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *