Arti Infused Water & Manfaat Bagi Kesehatan

Akhir-akhir ini mungkin Anda seringkali mendengar tentang infused water dan fakta orang-orang mulai banyak mengkonsumsinya. Akhirnya hal ini menimbulkan pertanyaan di benak Anda tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan infused water dan apa saja manfaatnya?

infused water

Sebagai jawaban bagi pertanyaan Anda, sengaja pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan infused water dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Baiklah, langsung saja simak detail ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Infused Water?

Istilah infused water sebenarnya digunakan untuk air mineral yang sudah dicampurkan dengan potongan buah-buahan segar, sayur-sayuran, serta rempah-rempah. Tidak ada aturan jenis buah tertentu yang bisa digunakan untuk membuat minuman ini. Anda bebas memilih jenis buah yang sesuai selera, asalkan buah tersebut masih segar.

Setelah infused water selesai dibuat, minuman harus didinginkan minimal 1-2 jam di dalam kulkas agar sari buahnya cepat menyatu dengan air. Biasanya potongan buah dan sayuran yang menjadi bahan utama minuman ini akan menjadi lembek saat infused water didiamkan dalam waktu lama.

Banyak orang yang belum terbiasa mengkonsumsi infused water karena saat diminum hanya terasa seperti air rendaman buah dan sayuran saja. Padahal, minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.  Apa sajakah manfaatnya bagi kesehatan? Dapatkan jawabannya di bawah ini.

Baca juga:  Mengetahui Penyakit Diare, Penyebab dan Penanganannya

Manfaat-Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih merupakan masalah yang menimpa banyak orang. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi infused water. Salah satu buah yang paling tepat sebagai campuran pada infused water untuk menurunkan berat badan adalah lemon.

Buah lemon bersifat rendah kalori dan mengandung serat pemberi rasa kenyang yang bernama pektin, sehingga cocok dikonsumsi oleh Anda yang ingin mengatur pola makan agar berat badan tidak bertambah.

2. Mencegah Penuaan Kulit

Penuaan dini adalah momok menakutkan bagi semua orang, termasuk Anda tentunya. Untuk itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi infused water adalah terhindar dari penuaan kulit. Dalam hal ini, buah yang digunakan sebagai campurannya adalah yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan, seperti lemon, jeruk, kiwi, apel, dan lain sebagainya.

Vitamin C dan antioksidan merupakan senyawa yang membantu tubuh memproduksi banyak kolagen yang berkhasiat mengencangkan dan mengenyalkan kulit. Tapi khasiatnya tentu tidak bersifat instan, namun harus dikonsumsi secara teratur dalam waktu tertentu.

Untuk memaksimalkan proses pencegahan penuaan kulit, Anda tentu tidak boleh bergantung kepada infused water saja. Mengatur pola makan sehat dan gizi seimbang, serta istirahat yang cukup khususnya di malam hari juga sangat efektif membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

Baca juga:  Obesitas Menjadi Masalah Kesehatan Serius

3. Detoksifikasi Racun

Salah satu manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi infused water adalah detoksifikasi racun atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Hanya saja, teori ini belum memiliki bukti yang kuat sampai saat ini.

Sebab, pada dasarnya tubuh manusia memiliki organ-organ tertentu yang berfungsi menghilangkan racun yang bertumpuk dari dalam tubuh. Organ-organ tersebut adalah ginjal dan hati yang bekerja mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat, urin, dan fases.

Meskipun demikian, bukan berarti mengkonsumsi infused water merupakan hal yang sia-sia. Sebab, Anda bisa memaksimalkan kinerja infused water dengan memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

4. Membantu Menghidrasi Tubuh

Manfaat lain yang ingin didapatkan oleh orang yang mengkonsumsi infused water adalah hidrasi tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda bisa terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Sebab, tubuh membutuhkan asupan air yang memadai agar pengaturan suhu tubuh dan proses pencernaan bisa berjalan dengan maksimal.

Umumnya setiap orang perlu meminum 8-12 gelas air putih per hari, agar air yang keluar dari tubuh dalam bentuk urin maupun keringat bisa tergantikan. Jika jumlah air putih yang diminum kurang dari itu, besar kemungkinan akan terjadi dehidrasi dan mengakibatkan pengaturan suhu tubuh dan pencernaan bekerja kurang maksimal.

Baca juga:  Manfaat Ganja Dalam Dunia Kesehatan

5. Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Tubuh membutuhkan asupan vitamin yang memadai agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Jika tubuh kekurangan vitamin, metabolisme tubuh jadi terganggu sehingga rawan terkena serangan virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Untuk mengatasinya, tentu Anda membutuhkan asupan vitamin dalam jumlah yang memadai. Nah, daripada harus mengkonsumsi minuman ringan yang diklaim kaya vitamin namun mengandung gula, sebaiknya Anda membuat infused water dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Demikianlah informasi seputar arti infused water dan beragam manfaatnya pada artikel kali ini. Semoga Anda mendapatkan tambahan informasi yang bermanfaat setelah membaca postingan di atas. Untuk info lain tentang kesehatan dapat membuka situs https://www.halodoc.com atau bisa mendownload dan menginstal aplikasi Halodoc di smartphone. Ada banyak kategori kesehatan dalam berita terkini, tips dan rekomendasi, hingga pengetahuan umum secara lengkap dan terpercaya tentang kesehatan dan gaya hidup sehat secara online.

 

Infused Water & Manfaat Bagi Kesehatan

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *