Penyebab Rambut Rontok dan Solusinya

Rambut rontok dan berguguran merupakan mimpi buruk bagi setiap orang, karena rambut merupakan mahkota baik laki-laki maupun perempuan mereka akan sangat menjaga kesehatan rambutnya mulai nutrisinya sampai menjaganya dari kerontokan.

Penyebab Rambut Rontok

Berbagai cara akan dilakukan untuk menjaganya mulai dari perawatan yang mulai berharga ribuan sampai perawatan yang harganya jutaan rupiah semua dilakukan dengan satu tujuan untuk memperindah dan membuat mahkotanya semakin indah.

Penyebab dan Solusi Rambut Rontok

Berikut akan kami paparkan berbagai masalah yang menyebabkan rambut rontok beserta solusinya. Diantaranya adalah :

1. Faktor Keturunan (Gen)

Memang tidak bisa dipungkiri faktor keturunan inilah yang seringkali menyebabkan rambut kita mudah menjadi rontok.

Solusi : kalau kerusakan semacam ini sulit untuk dihindarkan yang bisa kita lakukan adalah memperlambatnya kita tidak mungkin bisa mencegahnya.

2. Terlalu Stress

Ketika seseorang mendapatkan tekanan yang sangat berat dalam hidup mereka mulai dari pekerjaan, masalah rumah tangga, ekonomi dan anak. maka yang terjadi adalah manusia akan mengalami tekanan secara psikologis.

Baca juga:  Operasi Bariatrik Untuk Penderita Obesitas

Tekanan psikologis yang terjadi pada manusia pun akan berdampak juga terhadap kerja dari sistem tubuh yang ada pada manusia itu sendiri. Tak terkecuali dengan jaringan hormon yang terdapat pada rambut, hormon tidak berfungsi seperti biasanya, dan akan mengalami kerusakan yang parah, hal itulah yang menyebabkan kebotakan permanen pada diri manusia itu sendiri.

Solusi : Kurangi dari segala sesuatu yang akan menyebabkan kita menjadi stress, mungkin hanya anda sendiri yang bisa menghitungnya mana masalah yang akan membuat kita stress mana yang tidak, serta mulailah hari-hari anda dengan senyuman anggap semua masalah pasti ada solusinya.

Masalah yang besar anggap saja masalah kecil, masalah yang kecil anggap saja tidak ada. Dengan demikian lambat laun pertumbuhan hormon yang ada di seluruh tubuh kita akan kembali kepada posisinya masing-masing dan akan bekerja normal kembali.

Baca juga:  Alasan Air Sari Tebu Aman Untuk Penderita Diabetes

3. Kekurangan gizi

Rambut juga termasuk salah satu dari anggota tubuh yang juga memerlukan nutrisi dan gizi ia pun juga sama dengan anggota tubuh yang lain. Kekurangan nutrisi pada rambut akan berakibat pada menurunnya kesuburan rambut kita.

Solusi : mulailah dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi makanan yang sehat dan bergizi tidak harus mahal cukup dengan 4 sehat apalagi kalau bisa 5 sempurna.

4. Hamil dan menyusui

Orang yang hamil dan menyusui sangat mungkin mengalami kerontokkan pada rambut karena asupan makanan yang mereka terima setiap harinya akan mereka bagi dengan anak yang dikandungnya ataupun anak yang disusuinya sehingga asupan untuk hormon mereka menjadi kurang.

Solusi : sebagai orang yang menyusui dan melahirkan maka sangat dianjurkan untuk memakan makanan yang melebihi batas normal orang makan, karena harus berbagi dengan anak yang dikandungnya.

Baca juga:  Makanan untuk kesuburan pria

5. Bahan kimia obat

Shampo dan bahan kimia lain yang dipakai untuk memperindah dan membuat rambut menjadi indah akan berpengaruh juga terhadap kondisi rambut kita, karena bahan kimia yang dipakai dalam shampo kadang tidak sesuai dengan kondisi rambut kita. Kita harus benar-benar selektif dalam memilih mana shampo yang sesuai dengan rambut kita mana yang tidak sesuai.

Solusi carilah bahan kimia yang setidaknya ketika kita pakai kita tidak merasa sakit, kalau kita memakai shampo dan bahan kimia yang membuat kita sakit maka kemungkinan besar bahan tersebut dengan kulit kita.

Rambut merupakan mahkota yang harus kita jaga. Tetapi jangan lupa menjaga rambut harus kita lakukan dengan selektif dan penuh pertimbangan supaya jangan sampai terjadi maunya rambut semakin keren yang terjadi adalah rambut malah semakin rusak.

 

Penyebab Rambut Rontok dan Solusinya

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *