Hubungan Kelainan Jaringan Gigi Dengan Persendian

Hubungan kelainan gigi dengan kelainan sistemik dan kelainan pada organ-organ tubuh kerap terjadi antara lain jantung, ginjal, kulit, persendian dan lainnya.

Jaringan Gigi

Jaringan Gigi Dengan Persendian

Persendian merupakan salah satu di antara organ tubuh yang berkaitan dengan kelainan pada jaringan gigi. biasanya keluhan dirasakan bila terjadi peradangan di sekitar persendian yang ada di anggota badan kita, contohnya persendian-persendian sekitar lengan, kaki dan lain-lainnya.

Peradangan pada persendian ini dikenal sebagai rheumatoid athritis. (RA) Rheumatoid athritis atau artritis reumatoid, adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku di sekitar persendian misalnya sendi kaki dan tangan.

Bila kondisi seperti ini tidak diatasi, peradangan yang ada dapat menghancurkan jaringan persendian dan merubah bentuk tulang di sekitar persendian, dengan perubahan bentuk ini akan menimbulkan rasa sakit bila dipakai berfungsi, akibatnya aktivitas keseharian akan terganggu, karena biasanya penderita sulit berjalan dan menggunakan tangan.

Baca juga:  Gigi Sebagai Sumber Infeksi Kelainan Sistemik

Rheumatoid arthritis terjadi saat sistem kekebalan tubuh atau gangguan auto-imun yang menyerang jaringan tubuh kita sendiri. Serangan yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh bukan hanya tertuju pada jaringan sendi, tetapi yang paling sering terjadi adalah kerusakan sendi dan tulang rawan berupa erosi di kedua tulang.

Rheumatoid arthritis berkaitan dengan kesehatan jaringan penyangga gigi, karena di temukannya “aggregatibacter actinomycetemcomitans” yang selama ini menyebabkan kelainan pada gusi, dimana aggregatibacter actinomycetemcomitans mampu mengganggu proses citrullination

Citrullination merupakan proses yang mengatur produksi protein untuk sistem kekebalan tubuh secara alami dalam tubuh manusia. Pada penderita Rheumatoid arthritis, proses citrulination berlebihan sehingga menyebabkan peradangan serta kerusakan jaringan. Pada penderita Rheumatoid arthritis sebelumnya tidak pernah terinfeksi bakteri.

Kondisi ini mengindikasikan ada sumber bakteri lain yang mungkin berasal dari sistem pencernaan, pernafasan, termasuk pula bakteri yang berasal dari kelainan yang timbul pada gigi serta jaringan pendukung gigi, pada kondisi seperti ini ditemukan juga gangguan citrullination. Di mana pada penderita kelainan gusi menyebabkan peningkatan produksi suatu enzy peptidylarginine deiminanse (PAD) yang unik yang dapat menyebabkan penyakit sendi, enzym ini di dalam tubuh menjadi protein berbeda yang disebut citrullination dan bila citrulline berada di sendi dianggap benda berbahaya dan diserang oleh sistem kekebalan tubuh sehingga menimbulkan peradangan

Baca juga:  Hubungan Kesehatan Gigi Dengan Diabetes Mellitus

Peradangan inilah yang menyebabkan ketidaknyamanan, sehingga aktivitas kegiatan sehari- hari sangat terganggu. Karena sudah jelas dampak dari kelainan jaringan gigi dan penyangganya terhadap kelainan pada persendian sangat mengganggu, maka pemahaman yang baik sangat diharapkan sehingga kita dapat menghindari dan mencegah timbulnya kelainan dan keluhan pada persendian.

Dengan cara menjaga kebersihan mulut dan gigi, kunjungan kedokter gigi secara berkala. Kita harapkan bila kondisi jaringan penyangga gigi sehat maka diharapkan kelainan yang akan timbul dapat dihindari.

Kesimpulan

Hubungan kelainan jaringan gigi dengan persendian, merupakan kelainan yang berhubungan dengan reaksi autoimun/kekebalan tubuh. Di mana bakteri yang berkembang dan berakumulasi pada keadaan kelainan jaringan gigi mengakibatkan peningkatan jumlah enzym PAD yang berubah menjadi citrullination yang dianggap benda berbahaya, sehingga fungsi kekebalan tubuh menolak dan pada kondisi ini timbul peradangan yang menyebabkan rasa sakit.

Baca juga:  Hubungan Penyakit Jantung Dengan Kelainan Pada Gigi

Bila berlanjut maka peradangan dapat merusak jaringan lunak bahkan jaringan keras/tulang, sehingga terjadi perubahan bentuk tulang, akibatnya kelainan yang terjadi akan lebih parah dan yang pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh : Drg. Ika Maulana Poli Gigi Kantor Pusat DJBC

 

Hubungan Kelainan Jaringan Gigi Dengan Persendian

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *