Tips Perawatan Rambut Sehat

Anda sepakat bukan jika rambut disebut sebagai mahkota? Ya, ini tidak lain karena rambut memiliki daya tarik tersendiri, yang mampu menarik perhatian orang lain.

Perawatan Rambut Sehat

Dengan demikian, wajar jika perempuan begitu menginginkan rambutnya terawat dan tertata indah. Masalahnya, apakah anda sudah melakukan perawatan rambut dengan benar?

Terkait masalah perawatan rambut, perlu Anda ketahui beberapa faktor penting yang berpengaruh pada keindahan rambut.

Diantaranya, faktor genetik, hormon dan lingkungan. Karakteristik rambut dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Beberapa faktor genetik bertanggung jawab atas bagaimana penampilan rambut Anda. Tidak hanya itu, tingkat hormon juga memiliki pengaruh yang sama banyaknya.

Dan lebih dari itu, lingkungan, terutama udara dan air juga memiliki dampak yang tak kalah penting pada rambut Anda setiap harinya.

Baca juga:  Manfaat Puasa Terhadap Kesehatan Manusia

Tips Perawatan Rambut

Berikut beberapa saran untuk perawatan rambut Anda:

  1. Mengembangkan kebiasaan pola hidup sehat. Jika Anda perokok, maka mulai hentikan kebiasaan ini. Lakukan olah raga secara teratur, makan makanan dengan gizi seimbang dan gunakan teknik relaksasi untuk meredakan stres.
  2. Usahakan untuk selalu tidur nyenyak setiap malam. Sepertinya remeh, namun ternyata penting dalam perawatan rambut Anda. Jangan membawa beban sebelum tidur, karena hal itu dapat menyebabkan tidur Anda terganggu, dan sirkulasi darah yang tak lancar membuat rambut Anda jadi kusam.
  3. Jika Anda menggunakan produk-produk penata rambut dan kosmetik, hindari produk yang berbahan alkohol dalam konsentrasi tinggi. Jangan mengoleskan produk penata rambut langsung di kulit kepala, hal ini dapat menutupi pori-pori di kepala Anda, dimana itu dapat merusak kulit kepala dan rambut Anda.
  4. Jika Anda gemar berenang, sebelum melompat ke kolam renang basahi dulu rambut Anda dengan air biasa. Air kolam renang biasanya dicampur kaporit, yang tentu saja tidak bagus untuk perawatan rambut Anda.
  5. Gunakan pengering rambut dengan setting dingin. Udara panas dari pengering dapat membuat rambut kering dan rusak. Gunakan pengering rambut dengan merata, bukan terus-menerus di satu tempat. Sebelum menggunakan pengering rambut, gosok rambut basah dengan handuk kering terlebih dahulu, lalu gunakan pengering untuk mengeringkan rambut yang sudah setengah kering.
  6. Gunakan sisir yang terbuat dari kayu, bahan ini bagus untuk menjaga agar rambut Anda tak mudah rontok. Sebagai tambahan perawatan rambut Anda, selalu gunakan sisir yang bersih, untuk itu bersihkan sisir Anda dengan sabun atau shampo secara teratur. Selalu sisir rambut dengan arah turun.
  7. Pilih shampo dengan kualitas terbagus. Ini tidak selalu mahal. Gunakan metode trial and error dalam memilih shampo, dan pilih yang paling sesuai untuk rambut Anda.
Baca juga:  Cara Sederhana Melihat Tubuh Sehat Atau Belum

Demikian tips-tips yang kami sajikan perawatan rambut Anda. Sekali lagi, Anda hanya membutuhkan usaha dan ketelatenan untuk mendapatkan rambut yang indah. Selamat mencoba!

#Perawatan

 

Tips Perawatan Rambut Sehat

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *