Penyebab dan Pencegahan Penyakit TBC

Tuberkulosis atau yang sering kita kenal dengan istilah penyakit TBC merupakan penyakit pernapasan yang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja dan tidak ditanggapi dengan serius.

Tuberkulosis

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang ada di dunia yang menduduki peringkat kedua dalam membunuh manusia setelah HIV. Untuk wilayah Asia Tenggara sendiri sekitar 350.000 jiwa telah melayang akibat penyakit ini pada tahun 2012 saja. Selain itu banyak juga para pakar yang sudah meneliti penyakit ini.

Untuk para penderita sendiri jika sudah mengalami penyakit ini secara akut maka penyembuhannya bukan hanya satu bulan atau dua bulan saja. Bahkan bisa mencapai 6 bulan masa penyembuhan.

Penyebab Penyakit Tuberkulosis ( TBC )

Penyakit ini paling banyak menyerang sistem pernapasan manusia terutama paru-paru. Gejala utamanya adalah jika seseorang mengidap batuk yang lebih dari 21 hari. Bahkan untuk kasus dengan stadium yang lebih tinggi batuk yang diderita bisa bercampur dengan darah. Faktor-faktor yang menjadi pemicu penyebab penyakit ini diantaranya adalah :

Baca juga:  Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru, Kalian Harus Memahaminya

1. Imun Yang Menurun

Sistem kekebalan tubuh manusia atau yang sering kita sebut dengan imunitas bisa naik dan juga bisa turun. Tergantung dengan seberapa imun itu berada pada manusia. Orang yang mempunyai sistem imunitas dengan skala rendah sangat rentan sekali terkena penyakit ini.

2. Malnutrisi

Seseorang dengan aktivitas yang begitu padat, atau kerja yang dimulai dari pagi sampai petang harus benar-benar waspada jangan sampai asupan makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna. Karena kekurangan nutrisi ( malnutrisi ) bisa menyebabkan seseorang mudah sekali tertular dengan penyakit TBC ini.

3. Pecandu Narkoba

Seseorang yang menjadi pecandu narkoba, lambat laun yang diserang terlebih dahulu adalah daya tahan tubuh mereka. Senyawa narkoba mampu membunuh beberapa sel kekuatan tubuh dari seseorang. Jika seorang pecandu tidak segera untuk direhabilitasi maka efek domino yang akan mereka peroleh diantaranya adalah TBC. TBC akan senantiasa menyerang manusia dengan imunitas yang sangat rendah.

Baca juga:  Mengenal Penyakit Osteoporosis (Pengeroposan Tulang)

4. Petugas Medis Yang Berhubungan Dengan TBC

Bagi Anda yang mungkin menangani pasien TBC sebaiknya sangat berhati-hati sekali, karena pasien TBC dengan stadium tinggi sangat mungkin sekali menularkan virusnya kepada Anda.

Pencegahan Terhadap Penyakit TBC

Penyakit TBC ini merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya jika diabaikan begitu saja. Berikut adalah pola pencegahan terhadap penyakit ini.

1. Hindari Kontak Langsung Dengan Penderita

Hal ini berlaku buat Anda dan juga anak-anak Anda. Anak-anak atau balita sangat rentan sekali terkena penyakit ini, usahakan jangan terlalu dekat dengan penderita. Apalagi jika penderita sering batuk. Karena penularan penyakit ini melalui udara yang ada di sekeliling mereka.

Baca juga:  Mengenal Skoliosis (Tulang Belakang Bengkok)

2. Vaksin BCG

Salah satu vaksin bagi anak dan remaja adalah vaksin BCG ini. Jangan sampai Anda melewatkan anak Anda untuk tidak menerima vaksin ini.

3. Olahraga Teratur Dan Makan Makanan Bergizi

Dengan olahraga teratur, maka kesehatan secara otomatis akan terjaga sehingga kekebalan tubuh pun semakin bagus.

 

Penyebab dan Pencegahan Penyakit TBC

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *