Donasi UNICEF Untuk Peningkatan Gizi Balita

Donasi Unicef untuk peningkatan program gizi balita ini diberikan oleh swalayan Indomaret yang difokuskan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten dengan angka balita pendek sebesar 40 %, melebihi data nasional.

Donasi UNICEF Untuk Peningkatan Gizi Balita

Donasi sebesar Rp 4.661.955.733 kepada UNICEF dihimpun dari sumbangan konsumen Indomaret selama 3,5 bulan yang dilakukan dengan 3 cara yaitu konsumen menyumbang dari uang kembalian, konsumen menambahkan jumlah uang kembalian langsung di kasir dan berdonasi tanpa harus belanja.

Indomaret menyadari masih banyak anak Indonesia yang menghadapi risiko ini,  dan memutuskan bekerja sama dengan UNICEF sebagai lembaga kemanusian yang kredibel menggalang donasi dari konsumen yang tersebar di Jawa, Bali,Lombok ,Madura, Sumatera dan Sulawesi.

Pihak Unicef menghargai dukungan dari Indomaret dan pelanggannya dalam membantu kami untuk memperbaiki kehidupan anak-anak Indonesia yang tak terhitung jumlahnya di seluruh Indonesia. Kemitraan ini memungkinkan siapa saja untuk memberikan kontribusi kecil untuk mencapai hasil yang besar, karena setiap rupiah benar-benar bermakna.

Program peningkatan gizi anak  Indonesia

Walaupun telah terjadi penurunan angka kurang gizi, beban masalah gizi di Indonesia masih menghadapi tantangan besar. Data riset kesehatan dasar yang dilaksanakan Litbangkes Kementerian Kesehatan tahun 2010 menunjukkan bahwa 36 % atau 1 dari 3 balita di Indonesia bertubuh pendek. Pendek adalah gangguan pertumbuhan yang terjadi pada balita yaitu pertambahan tinggi badan tidak sesuai dengan pertambahan umur.

Kejadian balita pendek dapat dicegah sejak janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.Pertumbuhan janin sangat terkait dengan status gizi ibu sehingga pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin.

Pencegahan dapat dilakukan sejak pra kehamilan di mana seorang ibu harus mempunyai berat badan yang cukup sesuai dengan tinggi badannya, dan selama kehamilannya harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga pertambahan berat badan yang ideal untuk kehamilannya.

Program penggalangan donasi Unicef merupakan sebuah ajakan untuk peduli kepada warga lain yang kurang beruntung. Caranya, menyumbang uang berapa pun nilainya tidak hanya sekali saja, akan tetapi kapan saja sehingga kegiatan memberi dapat menjadi budaya.

Unicef juga membuka layanan donasi online untuk donatur rutin yang disertai cara berhenti donasi Unicef, serta donasi sekali melalui website resmi Unicef yaitu https://www.supportunicefindonesia.org

 

Donasi UNICEF Untuk Peningkatan Gizi Balita

Recommended For You

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *