Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), Penyebab Serta Cara Pencegahannya

Berbicara tentang respirasi atau pernapasan yang ada pada manusia pasti sedikit banyak kita akan membahas yang namanya paru-paru. Paru-paru merupakan salah satu organ dalam yang sangat vital bagi manusia karena paru-paru merupakan komponen pengolah oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Kita tidak dapat membayangkan jika saja paru-paru kita berhenti untuk beberapa saat saja. Maka hal yang mungkin terjadi adalah kita akan mengalami kematian, ngeri bukan. Apalagi jika kita masih muda kita masih ingin melihat anak cucu kita kelak bukan.

Nah kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda semua tentang suatu penyakit yang berkaitan dengan paru namanya Penyakit Pulmonari Obstruktif Kronis atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)Penyakit ini memang jaranng terdengar namun menurut analisa kami jika kita tidak waspada penyakit ini bisa saja merenggut nyawa kita.

Baca juga:  Gangguan Cidera Pada Sendi Lutut

Apa dan bagaimana Penyakit Pulmonari Obstruktif Kronis atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), Penyebab Serta Cara Pencegahannya ? berikut ulasannya untuk Anda semua.

Penyakit Pulmonari Obstruktif Kronis

Penyakit pulmonari obstruktif kronis atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) adalah sejenis penyakit paru obstruktif yang menyebabkan pasokan udara yang ada dalam tubuh manusia menjadi terbatas. Biasanya, kondisi ini akan bertambah buruk seiring dengan waktu. Penyakit ini apabila dibiarkan begitu saja bisa membahayakan bagi tubuh manusia itu sendiri.

Penyebab Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Merokok dengan jumlah tembakau yang banyak adalah sebab paling utama dari PPO. Kini, hal ini akan menjadi bertambah parah jika ditambah dengan beberapa faktor lainnya seperti polusi udara dan genetik yang turut berperan kecil.

Baca juga:  Mengetahui Penyakit Diare, Penyebab dan Penanganannya

Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, salah satu sumber polusi udara biasanya adalah api untuk memasak yang terbuat baik dari kayu maupun gas. Hasil dari pembakaran kayu dan gas yang tidak menggunakan ventilasi yang baik bisa menjadi penyebab penyakit ini berkembang pesat.

Pencegahan Terhadap Penyakit Pulmonari Obstruktif Kronis

Setiap penyakit pasti bisa dicegah dengan dini jika penyakit tersebut bukan merupakan penyakit yang bersifat genetis. Lain halnya dengan penyakit yang besifat genetis, yang sangat sulit untuk disembuhkan. Berikut ini beberapa tips agar kelak Anak anda jangan sampai terkena penyakit ini.

1. Berhenti Merokok

Semua kalangan kesehatan baik yang bersifat lokal maupun yang bersifat internasional semuanya setuju bahwa merokok merupakan salah satu hal yang sangat merugikan kesehatan manusia apalagi bagi para penderita penyakit yang berbasis pernapasan. Senyawa yang ada di dalam rokok terbukti memiliki beberapa racun yang sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Baca juga:  Bila Perut Terasa Perih Dan Melilit

2. Kontrol Kesehatan Lingkungan Kerja

Pengontrolan terhadap lingkungan kerja merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan sebuah perusahaan jika tidak ingin salah satu karyawannya terkena penyakit ini, terutama ventilasi. ventilasi yang kurang bisa saja menyebabkan racun-racun dan debu masih bisa dihirup oleh para karyawan yang berada di sana

Demikian sekilas tentang Penyakit Pulmonari Obstruktif Kronis, Penyebab Serta Cara Pencegahannya semoga bermanfaat.

Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *